Kongres Nasional IX HITI 2007

Kongres Nasional IX HITI di Kampus UPN “Veteran” Yogyakarta 5-7 Desember 2007

Hajatan 4 tahunan yang digelar HITI (Himpunan Ilmu Tanah Indonesia) untuk melaksanakan kongres (pergantian pengurus), kali ini dilaksanakan di Yogyakarta dengan Jurusan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta menjadi tuan rumah. Memang panitia merupakan gabungan UPN, UGM, UNS dan UNSOED. Tetapi sebagai tuan rumah, agaknya 70% kinerja didominasi.

Kongres ini dimeriahkan dengan kegiatan Seminar Nasional, Lomba, dan Fieldtrip. Pembukaan Seminar/Kongres dihadiri oleh Kepala Badan Pertanahan Nasional dan Gubernur Sri Sultan Hamengkubuwono X serta Rektor dan jajarannya. Total jumlah peserta yang hadir mencapai 500 orang, yang terdiri dari para peneliti, dosen, praktisi, dan mahasiswa.

Panitia juga menampilkan pameran unik di pintu masuk berupa “Tumpeng Tanah” yaitu berbagai jenis tanah (merah, hitam, dll) disusun seperti tumpeng dan dihiasi dengan berbagai seresah. Ternyata benda ini menjadi perhatian utama kedua, setelah para pejabat tinggi, untuk diliput oleh para kuli tinta (metroTV, kompas, tempo, dll). Misi utama benda ini dibuat adalah agar istilah nama-nama tanah yang umumnya sulit dimengerti khalayak ternyata menjadi asyik dan menarik manakala divisualkan dalam bentuk tumpeng khas jawa ini.

Acara dimulai Selasa malam, 4 Desember, dengan menghadirkan para sesepuh pinisepuh (> 65 th) HITI yang merupakan para pakar tanah yang tak lapuk hasil karyanya, seperti Prof. Go Ban Hong (82 th), Prof. Satari, Prof. Tejoyuwono, Prof. Sarwono, dll. Para sesepuh memberikan banyak petuah atas berbagai fenomena yang terjadi akhir-akhir ini, seperti kerusakan lahan yang makin meningkat, pemanasan global, kelangkaan air, dll.

Hari Rabu, 5 Desember, dilaksanakan secara berbarengan Seminar Nasional di Auditorium kampus dan Lomba Soil Judging Contest di Wonosari. Keduanya berlangsung sampai sore hari. Kemudian malam harinya dilaksanakan Kongres Nasional IX yang mendengarkan laporan pertanggungjawaban pengurus lama Prof Supiandi Sabiham dan memilih ketua baru Dr Yuswanda A Temenggung (dari BPN Pusat).

Kamis, 6 Desember, dilanjutkan Seminar Nasional (Sidang Pleno dan Sidang Komisi) sampai sore hari. Acara penutupan dilakukan oleh Dr Sri Wuryani MAgr selaku Wakil Rektor III mewakili Rektor yang berhalangan hadir. Malam harinya dilaksanakan HITI`s nite yang menghadirkan Band Putri UPN dan Campursari Cindelaras. Acara hiburan ini menjadi sangat meriah ketika Prof Sarwono menyanyikan lagu Cocak Rowo dan selusin mahasiswa berjoget ria di panggung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *